Wednesday, December 28, 2011

China Bangunkan Lapangan Terbang Tertinggi di Dunia


Mulai tahun depan, China akan membangunkan lapangan terbang di kota Nagdu, dataran tinggi Tibet. Lapangan terbang ini disebut-sebut sebagai lapangan terbang tertinggi di dunia, lebih tinggi 100 meter dari lapangan terbang tertinggi sebelumnya.

Seperti diberitakan Xinhua, dipetik oleh Reuters, Selasa 27 Disember 2011, lapangan terbang ini akan berada di ketinggian 4.436 meter dari permukaan laut. Lapangan terbang tertinggi sebelumnya berada di kota Qamdo, juga berada di Tibet, dengan ketinggian 4.334 meter.

Untuk mendirikan lapangan terbang ini, pemerintah China akan menghabiskan dana hingga 1.8 milian yuan. Tempoh disiapkan dijangka memakan waktu hingga tiga tahun.

Dataran tinggi Tibet telah memiliki lima lapangan terbang. Dua di antaranya hanya buka beberapa bulan selama satu tahun karena cuaca buruk. Pembangunan lapangan terbang kali ini adalah salah satu upaya China dalam memperbaiki kualiti penerbangan, terutama di wilayah terpencil dan sukar dicapai.

Pembangunan di wilayah Tibet yang memakan perbelanjaan milian yuan ini juga merupakan cara China dalam mengambil hati rakyat Tibet. Pemerintah China mengatakan, pembangunan lapangan terbang, jalan raya dan rel kereta merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan standard hidup di dataran tinggi tersebut.

Selama lebih dari 60 tahun, pemerintahan komunis China memerintah di Tibet dengan tangan besi. Tokoh Tibet, Dalai Lama, membentuk pemerintahan Tibet di pengasingan untuk mengaspirasi rakyat Tibet. Dalai Lama menginginkan otonomi penuh atas Tibet, namun China ingin tetap memerintah.







.

2 Penyokong CHELSEA:

Terbelog on December 28, 2011 at 3:31 PM said...

gayat oh..

Ce'gu JAERA on December 28, 2011 at 3:51 PM said...

teringat plak kisah rakyat Tibet yang ditindas oleh pemerintah china...

 

Lulu pages Copyright © 2011 Designed by Alieff. Wanna get one? CLICK HERE!